Select Menu
» » » » Macam - Macam Tanaman Herbal Dan Khasiatnya [Cara Penggunaan]

DADAP SEREP
Hyhaphorus subumbrans Hassk


Pohon ini banyak tumbuh di seluruh Asia Timur. Pohonnya agak besar, tingginya mencapai 22 meter, tumbuh diketinggian 1500 meter diatas permukaan laut, pada tanah pasir dan hutan-hutan yang sumbu. Duri menempel hampir di sekujur pohon, kecualai bagian bertangkai. Daunnya berpangkal bundar, kian melebar, ujungnya pendek dan tajam. Biji, kulit dan daun muda mgandung zat hypaphorine ( alkaloida ) yang beracun hanya terhadap kodok
Kulit dan cabang muda : sebagai obat demam ( digiling halus atau diseduh, ditambah adhas pulosari ). Airnya sebagai obat cuci mata.
Daun muda : ( ditumbuk halus ) sebagai obat kaum wanita nifas. Diminum, dapat mendinginkan badan yang panas. Diseduh, mempercepat banyak air susu. Sebagai obat luar luar ( biasanya ditambah sosor bebek dan daun ketumbar, ditempelkan pada perut ), untuk mengurangi penderitaan akibat pendarahan setelah keguguran, kebanyakan darah keluar pada masa haid. Sebagai pilis pada dahi, membantu mendinginkan kepada.

DAUN DERES atau ORANG – ARING
Pouzolzia zeylanica Benn


Tumbuhan tahunan yang tingginya hanya 1 meter ini berbatang banyak, dipangkalnya berjalar dan berakar. Tumbuhan ini hidup di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, di tempat lembab dan dapat juga hidup di halaman rumah.
Daun : ( digosok dengan jari sampai berlendir ) dapat menyejukan dan membersihkan ( sebagai bahan kompres )

DAUN JINTEN
Caleus ambonicus Lour.


Tumbuhan ini hidup di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut, dan tahan lama. Batangnya basah dan daunnya berdaging banyak, berbentuk jantung dan baunya harum. Tumbuhan ini tidak berbunga. Tumbuhan ini kaya zat kalium, minyak terbang dan fenol ( isopropylokresol ).
Daun : ( ditumbuk ), sehingga obat koreng ( tempelkan pada borok ), menurunkan panas ( balurkan ke badan, minum airnya ), sebagai obat sariawan dan pecah-pecah di ujung mulut anak ( tempelkan ), sebagai obat sakit kepala ( tempelkan didahi ).

DAUN DUDUK/COCOR BEBEK
Pteroloma triquetrum Benth


Tumbuhan pegunungan tropis ini hidup di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Batangnya basah, tegak atau rebah, panjangnya mencapai 3 meter. Daunnya selebar sekitar 1 dm, di pangkal bundar, di ujung menajam, dan tangkainya bersayap. Bunyanya berwarna ungu, bergerombol pada tanda, dan beruas polong segi empat. Tumbuhan ini mengandung zat samak, asam kersik ( keizelzuur ) dan K20 ( boorsma ).
Daun : ( serbuk daun kering 15 a 20 gram, diseduh dengan 300 cc air, minum habis 1` hari, bias juga dibuat pil atau boli ), sebagai obat bawasir.
Polong : sebagai obat batu gelembung dan batu ginjal.

DAUN ENCOK atau KAREKA
Plumbago zeylanica Linn


Tumbuhan yang berbunga putih, hidup di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, dan tinggi tumbuhan ini mencapai 2,5 meter. Daunnya bulat telur, berteppi rata, panjang 1 dm, lebar 6 cm. tumbuhan ini mengandung zat N dan zat samak.
Daun : ( ditumbuk halus, campur minyak kelapa ) sebgai sakit kepala yang ditempelkan pada belakang telinga atau dibagian sakit lainnya. Untuk penyakit rematik dan hanya dipakai selama 2 sampai 3 menit berturut-turut.

DAUN INGGU atau ARUDA
Ruta angustifalia Pers.


Tumbuhan ini berasal dari Eropa dan Amerika Utara. Di Indonesia tumbuh subur di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Batang basah, tegak, banyak daun, sangat bau, tingginya mencapai 1,5 meter. Tumbuhan ini mengandung zat minyak terbang metlylheptylketon = CH3C0C9H19, metlylheptylketon, dan zat samak.
Daun :  ( campur cuka dan bawang bangle, diseduh ditempelkan dan digosokkan pada kepala, pergelangan tangan dan kaki ), sebagai obat demam dan kejang gagau

DAUN KEMARONGAN
Gymnopetalum Leucostictum Miq


Tumbuhan ini hidup di dataran rendah di daerah panas. Batangnya telentang ditanah. Daunnya kasar-kasar. Bunganya mirip lumut, sulur pada tangkai. Buah seperti masak, rasanya pahit bila masih mentah.
Dahan : ( yangkecil-kecil, diambil uratnya, diseduh ), obat untuk perangsang nafsu makan ( diminum sebelum bersantap ), dan sebagai obat darah putih.
Daun : ( ditmbah kapur dan salep sebagai obat rheumatic.

DAUN KREMEK atau BAYAM KREMAH
Althernanthera sesilis R.Br


Tanaman yang nahun yang hidup di daerah lembab dan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Berbatang basah dan banyak, panjangnya mencapai 1 meter. Berakar kuat.
Tumbuhan : ( diseduh ), sebagai obat sakit perut, buang air berdarah dan berlendir.
Daun : ( diseduh ), sebagai obat demam, sakit kepala ( dikompres ).

DAUN LANDEP atau JARONG
Barleria prionitis Linn


Tanaman perdu berbunga kuning yang tumbuh di kebun dan pegunungan dengan tinggi mencapai 2 meter. Berbatang basah, tanaman ini mempunyai daun pelindung lebar-lebar, kadang-kadang 1 – 3 atau 4 helai. Daun muda nya berbulu banyak. Tanaman ini mengandung zat kalium, di ujung batang dan daun muda.
Daun : ( dikunyah ), sebagai obat sakit gigi, ( ditambah sirih dan kapur dibuat salep ), sebagai obat rheumatic pinggang.
Akar : ( ditambah air perasa jeruk ), sebagai obat kurap.

DAUN POKO atau JANGGOT
Menthe arvensis Linn.


Tumbuhan berbatang basah, tegak, bertaruk panjang di dalam dan di atas tanah, tinggi mencapai 0,5 meter. Tumbuhan ini hidup di ketinggian 1200 meter di permukaan laut dan didaerah lembab. Tanaman ini mengandung zat minyak poko, pulegon, sedikit menthol atau menthon.
Daun : ( ditumbuk, dicampur kapur ), sebagai obat sakit kepala ( ditempelkan obat luar ), sebgai obat batuk ( diseduh, diminum ).

DAUN PRASMAN/ACARANG
Eupatorium triplinevre Vahl.


Tanaman ini bersal dari Amerika Tengah, hidup diketinggian 1600 meter diatas permukaan laut. Tumbuhan ini berbatang basah, tahan hidup lama, berumpun banyak, berakar tidak dalam. Tingginya mencapai 1 meter. Daunnya berhadapan, berbentuk taji, tepinya rata namun ujungnya muda. Tumbuhan ini mengandung zat terbang ( 1,14% ) dan cumarine.
Obat luar :  sebagai obat sakit kepala, borok dan akibat gigitan binatang berbisa ( ditumbuk halus, dibubuhkan pada tempat yang sakit ).
Diminum : buat panas dalam, ( daunnya diseduh, bias dikasih gula aren ).
Dikunyah tidak dimakan :  sebagai obat sariawan.

DAUN SENDOK / MELAH KILOH
Plantago major Linn.


Tumbuhan ini berumur panjang dan hidup diketinggian 700 meter di atas pemukaan laut dan tumbuh di tanah yang keras dan berbatu. Berbatang basah, daunnya lebar, bulat telur, bertulang sejajar, berwarna hijau kekuning-kuningan. Tumbuhan ini mengandung zat terutama pada duan, zat berkelium banyak, alkalida tak beracun, indicant dan sucubine.
Seluruh bagian tumbuhan : ( ditambah keji beling 5x lipat ), sebagai obat menghancurkan batu ginjal dan batu gelembung empedu.
Daun : ( dipanggang lalu ditempelkan pada tempat yang sakit ), sebagai obat borok ( radang ruas jari yang berkuku ), sebagai obat anti diabetikum dan vermivuugum ( obat peluruh cacing, ditambah daun wungu lalu diseduh ), sebagai obat bisul, impetigo ( ruam kulit menular berbisul yang bernanah dalm gelembung gelembung ), dan eksantem ( ruam kulit, membersihkan darah ).

DAUN WUNGU atau DEMUNG
Gratophyllum pictum Giff.


Tanaman perdu asli Irian, mempunyai batang tegak, tingginya mencapai 8 meter. Tanaman ini baik untuk pagar maupun tanaman hias.
Kulit : ( dibuat dihaluskan untuk melarutkan )
Daun : ( ditambah air kelapa, dipanaskan ) tempelkan di atas susu, sebagai obat sakit susu ( tetek ) dan obat penyakit wasir.

DELIMA PUTIH / GAHGSALAN
Punica granatum Linn


Tanaman ini didugan berasal dari Armenia atau Persia. Pohon kecil, biasanya dipelihara. Berdaun tunggal, batang berkulit menggulung model papa dan menyimpan banyak gabus, kulit akarnya keras, lekas patah, bentuknya mirip saluran tak teratur. Tumbuhan ini mengandung zat samak 25-28 %, lender sampai 30 %. Kulit akar mengandung berbagai alkaloida ( pelletierine, pseudoiso dan methyl pelletierine ).
Kulit Akar : sebagai obat cacing pita dan obstipans ( menghentikan mencret  ).
Bunga : direbus, sebagai obat gingivitis ( radang seraput render gusi ).
Buah : diseduh atau digiling halus ditambah air sedikit, madu dan menyansebagai obat disentri.


DEMPUL LELET / MAREME
Glochidiom rubrum BL.


Tanaman ini tingginya 1 meter, besar 15 sentimeter, banyak terdapat dipulau jawa, hidup didataran rendah, daunnya panjang berbentuk taji, kadang-kadang bulat dan panjang, berpangkal miring, membunda atau tajam. Pucuknya tak berasa, daun tua berasa sepat agak pahit. Buahnya banyak, berwarna merah tua, cerah dan bulat. Pohon ini mengandung banyak zat samak.
Daun : ditambah garam, ditumbuk dan diseduh sebagai obat batuk kuat.



Source Link

About Adbi Pratama

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Kerajaan